Salah satu cara untuk sukses uan 2010 adalah dengan memetakan kemampuan yang diujikan menjadi indikator soal, berikut ini hasil bedah skl yang dapat dijadikan bahan latihan untuk mempersiapkan UN 2010 mata pelajaran matematika
No | Standar Kompetensi Kelulusan | Kemampuan yang diujikan | Indikator soal |
1 | Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, mampu menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah. | Menentukan negasi pernyataan yang diperoleh dari penarikan kesimpulan |
|
2 | Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linear,program linier, matriks, vektor, transformasi geometri, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah. | Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma |
|
Menentukan kedudukan garis lurus terhadap grafik fungsi kuadrat (parabola) |
| ||
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat |
| ||
Menentukan persamaan kuadrat baru | Menentukan persamaan kuadrat baru jika diketahui akar-akarnya | ||
Menentukan persamaan garis singgung lingkaran | Menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang melalui satu titik dengan gradien tertentu (gradien diket atau sejajar/tegakliurus garis lain) | ||
Menentukan komposisi dua fungsi dan fungsi invers | 1. menentukan komsposisi dua fungsi ( rumus atau nilai komposisi dua fungsi) 2. menentukan invers suatu fungsi (fungsi pecah) | ||
Menentukan sisa pembagian atau hasil bagi |
| ||
Menyelesaikan masalah sistem persamaan linear |
| ||
Menyelesaikan masalah program linear | Menentukan nilai optimum suatu fungsi obyektif dari permasalahan sehari-hari | ||
Menyelesaikan operasi matriks |
| ||
Menentukan sudut antara dua vektor | Menentukan sudut antara dua vektor | ||
Menentukan panjang proyeksi dan vektor proyeksi | 1.Menentukan vektor proyeksi ( vektor sudah ada/vektor dicari) | ||
Menentukan bayangan titik atau garis karena dua transformasi |
| ||
Menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen dan logaritma |
| ||
Menentukan suku ke-n dari deret aritmetika | Menentukan suku ke n dari deret artimetika (diketahui | ||
Menentukan unsur yang belum diketahui dari hubungan deret aritmetika dan geometri. | Menentukan unsur yang belum diketahui dari hubungan deret aritmetika dan geometri. | ||
3 | Memahami sifat dan atau geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis dan bidang, jarak dan sudut | Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis, dan bidang) di ruang |
|
4 | Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun bukti serta mampu Menggunakannya dalam pemecahan masalah | Menggunakan aturan sinus dan kosinus untuk menghitung unsur pada segi banyak | Menentukan luas segi n beraturan yang terlatak dalm lingkaran |
Menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan aturan sinus dan kosinus | Menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan aturan sinus dan kosinus | ||
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri | Menentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri | ||
Menghitung nilai perbandingan trigonometri denganmenggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut serta jumlah dan selisih sinus, kosinus, dan tangen |
| ||
5 | Memahami konsep limit, turunan, dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah. | Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri |
|
Menentukan penyelesaian dari soal aplikasi turunan fungsi | Menentukan penyelesaian dari soal kehidupan sehari-hari. (aplikasi turunan fungsi) | ||
Menghitung integral tak tentu dan integral tertentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri | 1. Menghitung integral tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri 2. Menghitung integral tertentu fungsi aljabar dan trigonometri | ||
Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral |
| ||
6 | Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data, mampu memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah. | Menghitung ukuran pemusatan dari suatu data dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik | menentukan modus atau median data kelompok (tabel) |
Menggunakan kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi untuk menyelesaikan masalah yang terkait | Menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan aturan perkalian, permutasi atau kombinasi | ||
Menghitung peluang suatu kejadian | Menghitung peluang suatu kejadian |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar